Langsung ke konten utama

Ingin Berbisnis Tapi Modal Tak Cukup? Ini 5 Bisnis Pertanian Ini Cuma Butuh Modal Kecil

Berita Update - Peluang usaha dalam bidang pertanian bisa menjadikan inspirasi bisnis yang cukup menjanjikan. Bahkan, bisnis pertanian tidak hanya sebatas tanam menanam, namun di luar itu masih banyak potensi yang digali.
Selain memang menjanjikan, ternyata modal bisnis pertanian tidak selamanya soal lahan dan modal besar. Dengan modal kecil dan tanpa lahan dapat menjadi inspirasi bisnis yang cukup menjanjikan.
Berikut ini bisnis pertanian yang enteng modal dan mudah yang bisa dijadikan inspirasi, sebagaimana dilansir dari berbagai sumber, Jakarta, Senin (2/12/2019) :
1. Tanaman Sayuran Organik
Di zaman maju saat ini, akses informasi dapat dilihat dari seluruh penjuru dunia. Berbagai informasi bisa diakses melalui internet. Salah satunya produk makanan yang baik untuk dikonsumsi. Kebanyakan orang telah menyadari pentingnya memiliki gaya hidup sehat yang khusus mengkonsumsi makanan yang baik bagi kesehatan tubuhnya. Seperti memakan sayur-sayuran.
Namun tanaman sayuran yang mereka pilih yang lebih terjamin kesehatan yaitu sayuran organik. Inilah yang membuat peluang bisnis budidaya tanaman sayuran organik sangat menjanjikan untuk dijalankan saat ini.
2. Membuka Kios Toko Alat-Alat Pertanian
Inilah peluang bisnis pertanian yang cepat untung, laris, enteng modal yang lain yaitu usaha toko alat-alat pertanian. Biasanya kios pertanian tersebut menjual pupuk subsidi, bibit pohon dan tanaman buah-buahan dan sayur sayuran, alat-alat pertanian, mesin pertanian, traktor, dan lain sebagainya.
Sedangkan di kota, bisnis toko alat-alat pertanian juga cukup menjanjikan. Mengingat di beberapa kota besar di Indonesia, ada banyak orang yang bertani di lahan sempit yaitu memanfaatkan sepetak kebun atau pekarangan rumah.
Untuk memulai bisnis kios atau toko yang menjual peralatan dan perlengkapan pertanian tersebut tidak selalu harus dengan modal besar. Dengan modal kecil, Anda bisa membuka usaha kios pertanian dengan cara menjadi reseller.
Bahkan Anda bisa membuka usaha toko alat-alat pertanian tanpa modal. Dengan cara menjalankan bisnis dropship. Sedangkan rincian modal usaha pertanian berupa alat komunikasi berupa smartphone dan alat untuk pembayaran seperti rekening bank atau visa.
3. Usaha Jualan Benih Tanaman
Bisnis pertanian yang tidak bisa disepelekan lainnya adalah usaha jualan bibit tanaman. Baik itu bibit tanaman buah-buahan, sayur sayuran maupun benih tanaman hias. Untuk memulai bisnis bibit tanaman, Anda diharuskan menguasai metode pembibitan.
Untuk sukses dalam usaha jualan benih tanaman, Anda harus bekerja keras, fokus dan tekun. Pangsa pasar bisnis bibit tanaman pertanian cukup besar yang meliputi perusahan pertanian dan semua petani di perkotaan maupun pedesaan terpencil untuk lahan mereka.
4. Membuka Kios Pupuk
Kios atau toko yang menyediakan keperluan pupuk bagi lahan pertanian merupakan bisnis pertanian yang cepat untung, laris, enteng modal terutama pada musim tanam. Setiap petani yang akan bercocok tanam di sawah atau di kebun pasti membutuhkan pupuk supaya tanaman bisa berkembang secara baik. Biasanya satu orang petani menggarap lahan kebun atau sawah yang sangat luas sehingga membutuhkan banyak pupuk sampai ratusan kilogram perlahan bahkan sampai satu ton.
Peluang usaha inilah yang membuat bisnis jualan pupuk pertanian sangat menguntungkan dijalankan di desa dan kota. Untuk menambah penghasilan, Anda bisa menjual alat pertanian lainnya seperti semprotan, sekop, penyiram tanaman dan lain sebagainya.
Untuk membuat bisnis kios pupuk pertanian lebih menjanjikan, Anda bisa membuat sendiri pupuk kemudian memasarkannya ke beberapa daerah di Indonesia. Bisnis toko kios pupuk pertanian selamanya akan ada selama para petani masih bercocok tanam di dunia ini.
Usaha berjualan tanaman hias masih merupakan peluang usaha populer dalam bidang pertanian. Keuntungan yang didapatkan dari bisnis tanaman hias ini cukup besar. Mengingat pangsa pasar yang sangat luas. Bahkan beberapa tahun ke belakang beberapa jenis tanaman hias seperti gelombang cinta, adenium, tanaman dolar dan bonsai pernah mengalami masa booming dan laris manis dengan harga jual yang sangat mahal. 

Sumber : Akurat.co

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mustafa Kamal Beberkan Sebuah Perjuangan Misbakhun Melawan Tuduhan Korupsinya

Rasa gembira akan dikabulkannya peninjauan kembali (PK) atas kasus Misbakhun oleh Mahkamah Agung terkait kasus Bank Century membuat Ketua Fraksi PKS Mustafa Kamal ikut merasa bahagia. Menurutnya, putusan ini dinilai sebagai langkah awal untuk membangun penegakan hukum yang benar dan objektif.  “Perjuangan pak Misbakhun untuk hal ini luar biasa, kami berharap peradilan dan semua pihak yang bersikap jernih dan tanpa politisasi,” kata Mustafa kamal.  Ia juga menilai bahwa Misbakhun adalah seorang yang benar-benar gigih untuk memperjuangkan  kebenaran terkhusus untuk kasus Misbakhun dan Misbakhun korupsi itu. Dia tidak melihat ada ketakutan sedikit pun dari misbakhun sekalipun ada, pasti ia langsung mencoba mengintervensi kasusnya.  “Beliau orang yang aktif, terlebih soal Bank Century. Putusan PK ini akan meluruskan apa yang salah menjadi benar dan dengan ini mengenai perjuangan yang dipolitisir ini perjuangan atas kasus Pak Misbakhun korupsi dalam memperjuangkan keadi

Sebagai Bentuk Mengenali Sejarah Kepada Siswa, BNI adakan Kegiatan Sosial Yang Bernama "BNI Kejar",

Berita Update -  Seiring dengan berjalannya waktu, semangat generasi muda untuk mencintai lingkungannya, peduli pada kawan seusianya, sekaligus sadar pada perkembangan layanan keuangan perlu terus ditingkatkan. Banyak cara yang dapat dilakukan, salah satunya adalah yang dilaksanakan oleh  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI)  bersama berbagai komunitas menyelenggarakan gerakan sosial bernama " BNI  KEJAR" atau "Kenali Sejarah, Raihlah Mimpimu:. Aksi " BNI  KEJAR" kali ini digelar dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional dan Hari Pahlawan Nasional selama sepekan, di Terowongan Dukuh Atas, Jakarta, mulai 24 November - 1 Desember 2019. Terowongan Dukuh Atas merupakan kawasan transportasi terpadu yang terhubung dengan tiga fasilitas transportasi massal terkini yaitu Stasiun Mass Rapid Transportation (MRT) Dukuh Atas  BNI , Stasiun Kereta Bandara  BNI  City, dan Stasiun Commuter Line Sudirman. Melalui aksi " BNI  KEJAR" ini,  BNI

BNI Sudah Tegaskan Dan Memastikan Dana Nasabah Tetap Aman

Berita Update -  Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI)  menegaskan bahwa dana nasabah di cabang bank tersebut di  Ambon  tetap aman. Nasabah dan masyarakat tidak perlu khawatir untuk tetap bertransaksi di  BNI . Direktur Bisnis Korporasi  BNI  Putrama Wahju Setyawan menuturkan, peristiwa yang terjadi di  Ambon  merupakan perbuatan oknum dalam sebuah sindikat, sehingga tidak dapat mempengaruhi kondisi  BNI  secara umum. Nasabah dan masyarakat umum tidak perlu khawatir untuk tetap bertransaksi dan menyimpan dananya di  BNI .  Menurut Putrama yang akrab disapa Iwan, terdapat beberapa faktor yang menjadi sebab nasabah tidak perlu khawatir dengan  BNI , yaitu pertama, operasional layanan perbankan di  BNI  tetap berjalan normal, termasuk di seluruh outlet yang berada di bawah koordinasi Kantor Cabang Utama  Ambon . Kedua, kepercayaan sebagian besar nasabah tetap terjaga dibuktikan jumlah transaksi masuk (menabung) lebih besar dibandingkan jumlah transaksi keluar. Ketiga,  BN